Beranda Kabar Sekda Lampung Lepas Siswa Mengenal Nusantara (SMN)

Sekda Lampung Lepas Siswa Mengenal Nusantara (SMN)

90
0
BERBAGI

BANDARLAMPUNG--Sekretaris Daerah Propinsi Lampung Sutono melepas peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017 menuju Banten, bertempat di ruang Abung Kantor Gubernur, Kamis (20/7/2017). Pada acara yang sama dilaksanakan penerimaan SMN dari Provinsi Banten yang akan melakukan kunjungan ke Lampung.
Hadir dalam acara pelepasan Asdep Bidang Energi Logistik dan Pariwisata Agus Suharyono, Direktur Utama PGN Jobi Trinanda, Direktur Operasional PTPN VII Sukarnoto, Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Adeham, Sekretaris Perusahaan PTPN VII Yarnis Alisyahbana, Kepala Bagian UKB Sultan, MR, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar, serta unsur muspida lainnya.

Kegiatan SMN ini merupakan program Kementerian BUMN khusus di Lampung, BUMN yang ditunjuk untuk melaksanakan program tersebut PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII). Tujuannya untuk menanamkan rasa bangga generasi muda terhadap keberagaman kekayaan nusantara.

Pada kesempatan itu, Sekdaprov Sutono mengungkapkan apresiasinya kepada PTPN VII dan PGN yang telah melaksanakan program pertukaran pelajar ini. Kegiatan ini sangat positif bagi pelajar di Lampung, agar mereka lebih mengetahui wawasan dari luar provinsi Lampung.

Namun, kata Sutono, anak-anak yang dikirim ke Banten juga harus disiapkan wawasan yang cukup, dan jangan lupa jati dirinya. Agar mereka bisa mengenalkan kebudayaan Lampung kepada masyarakat Banten.

Ia berharap, kepada para siswa yang mengikuti Program SMN ini bisa membawa nama baik daerah, dengan menampilkan prilaku yang baik dan ide-ide yang baik.

Sementara Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan, pada tahun ini PGN ditunjuk sebagai Koordinator Program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung.
Salah satu kegiatannya yaitu Program SMN yang bertujuan mengedukasi para siswa sebagai penerus bangsa untuk lebih mencintai bangsanya dengan cara mengenal kembali lingkungan dan budaya Indonesia lewat program pendidikan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga generasi muda Indonesia, bahwa bangsanya memiliki kebegaraman kekayaan nusantara, toleransi antara beragama dan berbudaya.

Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dan diselenggarakan di berbagai daerah. Pada tahun ini, kami fokus melakukannya di Lampung,” kata Jobi pada acara penerimaan siswa SMN asal

Banten dan pelepasan SMN asal Lampung di Kantor Gubernur Lampung, Kamis (20/7/2017).
Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasional PTPN VII Sukarnoto mengatakan program SMN ini dalam rangka mewujudkan program BUMN Hadir untuk Negeri. Selain kegiatan pertukaran pelajar, ada beberapa program lain yang akan dilaksanakan, diantaranya melaksanakan bedah rumah sebanyak 45 rumah veteran yang ada di wilayah Lampung.
Selama kunjungan di Lampung, para siwa akan melakukan kunjungan ke Universitas Lampung, Taman Nasional Way Kambas, perkebunan Great Giant Pineapple. Selain itu, siswa mengunjungi industri kecil keripik pisang serta ke workshop sulam tapis yang ada di Lampung.

Selanjutnya, siswa asal Banten akan melakukan kunjungan ke pertambangan batu bara Bukit Asam dan Peternakan Sapi Sidomulyo. Terakhir, untuk penutupan program SMN, para siswa akan melakukan kunjungan ke Pantai Sari Ringgung di Kabupaten Pesawaran. (HUMAS/SKR).

LEAVE A REPLY