Beranda Catatan Saya Mendukung agar UMKM Kota Metro Makin Maju

Saya Mendukung agar UMKM Kota Metro Makin Maju

16
0
BERBAGI

METRO — Di sela-sela rutinitas sebagai Kadis Kominfo Provinsi Lampung, saya menyempatkan beranjangsana ke Metro untuk memenuhi undangan kolega menjadi narasumber pelatihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang diadakan Pospera ┬áKota Metro, pada Sabtu, 21 Januari 2017.

Saya cukup senang menyaksikan para peserta antusias mengikuti pelatihan ini. Dari sorot mata mereka terpancar harapan besar untuk bisa mengembangkan usaha kecil dan menengah pada masa-masa mendatang.

Para pengusaha kecil dan menengah ini seringkali harus berhadapan dengan masalah permodalan. Makanya, saya berharap agar para peserta dapat mengikuti perkembangan teknologi dan bisa memperoleh modal yang layak agar usaha mereka berkembang dengan baik.

Agar usaha bisa berkembang tentu tak hanya bertumpu pada modal. Inovasi dan kreativitas juga penting. Saya berharap merekamampu berinovasi untuk memberikan jaminan usaha dan menghasilkan produk berkualitas, dengan harga yang siap bersaing, sehingga punya nilai tawar tinggi di pasaran.

UMKM di Kota Metro termasuk berkembang pesat. Ini kalaiu dilihat dari jumlahnya yang mencapai 6.811 sektor usaha mikro, 962 usaha kecil, dan 96 sektor usaha menengah. Banyak di antara usaha itu tergolong industri kreatif yang memerlukan ketangkasan dan inovasi.

Semua UMKM itu  merupakan aset yang sangat berharga. Jika semuanya dikelola dengan baik dan profesional serta mendapatkan dukungan dari banyak pihak, niscaya akan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Semoga ini bukan harapan kosong tetapi bisa terwujud dengan kerja keras dan semangat berkreasi yang tinggi.

CP

LEAVE A REPLY