Beranda Kabar Rapat Penguatan PPID: Perlu Informasi Cepat dan Akurat dari Semua SKPD

Rapat Penguatan PPID: Perlu Informasi Cepat dan Akurat dari Semua SKPD

6
0
BERBAGI

BANDARLAMPUNG — Kadis Kominfotik Provinsi Lampung Ir. Achmad Chrisna Putra NR, MEP mengajak seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Lampungg untuk lebih aktif lagi memberikan pelayanan informasi yang akurat dan cepat kepada publik.

“Pelayanan yang akurat dan cepat akan membuat sistem komunikasi terkait pelaksanaan program pembangunan di Provinsi Lampung akan tersosialisasi dengan baik,” kata Chrisna Putra dalam acara Rapat Penguatan Tugas PPID yang diselenggarakan Diskominfotok Provinsi Lampung di Ruang Sungkai Balai Keratun,¬† Selasa Selasa (21/03/2017). Rapat dihadiri dihadiri seluruh SKPD Pemprov Lampung.

Menurut Chrisna Putra, dalam rangka menciptakan citra positif Pemda Provinsi Lampung  perlu adanya penyebarluasan informasi yang akurat, akuntabel, dan transparan. Fungsi ini menjadi tanggungjawab , tugas, dan wewenang PPID.

Sementara itu, Asisten Bidang Adm Umum Ir. Hamartoni Ahadis, MM, mengatakan di era pembangunan yang gencar dilaksanakan Pemprov Lampung saat ini, PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dapat berperan dalam menunjang fungsi komunikasi dan informasi pembangunan khususnya dalam konteks fungsi kehumasan bagi internal SKPD.

“Apabila PPID SKPD berjalan dengan optimal maka informasi dan pesan-pesan pembangunan yang dilaksanakan Pemprov Lampung akan dapat disebarluaskan kepada publik,” katanya

Pada kesempatan itu pula Dery Hendriyan, SIP. SH. MH Ketua Komisi Informasi Lampung memaparkan bahwa berdasarkan Permendagri No. 3 Th 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, dijelaskan bahwa informasi dan dokumentasi dimaksud bersifat terbuka dan dapat diakses oleh publik kecuali informasi dan dokumentasi yang bersifat ketat, terbatas, dan rahasia.

Selanjutnya Komisi Informasi berfungsi menyelesaikan sengketa informasi manakala terjadi sumbatan informasi yang terjadi ketika publik merasa tidak mendapatkan informasi yang diharapkan.

Pada Rapat Penguatan tugas PPID dibuka forum diskusi yang dimoderatori Kabid Diseminasi dan Informasi, Ganjar.

 

LEAVE A REPLY