Beranda Kabar Pjs Gubernur Lampung Buka Raker Gubernur Mitra Praja Utama 2018

Pjs Gubernur Lampung Buka Raker Gubernur Mitra Praja Utama 2018

26
0
BERBAGI

Bandarlampung–Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Lampung Didik Suprayitno membuka Rapat Kerja Gubernur Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) XVIII tahun 2018 di Hotel Swissbel Hotel, Bandarlampung, Selasa malam, 27 Maret 2018.
Selain Gubernur Lampung, petinggi provinsi yang menghadiri Raker MPU yang akan berlangsung hingga 28 Maret 2018 itu berasal dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Dalam sambutannya Pjs Gubernur Lampung Didik Suprayitno memaparkan profil Provonsi Lampung, mulai sejarah pembentukan Provinsi Lampung, potensi, dan geliat pembangunan yang sedang dilakukan.

“Provinsi Lampung juga merupakan penghasil beberapa komoditas utama di tingkat nasional seperti : padi peringkat ke 7 Nasional, jagung nomor 3 Nasional, ubi kayu nomor 1 Nasional, tebu nomor 2 Nasional dan beberapa komoditas lainnya (kopi, lada, kakao, kelapa sawit, karet, sapi potong dan ternak kambing,” kata Didik.

Didik mengatakan, Indeks Ketahanan Nasional Provinsi Lampung berdasarkan Asta Gatra atau delapan Gatra Ketahanan Nasional menduduki peringkat 5 (lima) secara nasional dan tertinggi se Sumatera dengan kategori Cukup Tangguh.

“Dari delapan gatra terdapat 3 gatra yang memberikan kontribusi tertinggi yaitu gatra Demografi, Geografi, dan Pertahanan Keamanan,” katanya.

Didik juga memamerkan potensi wisata dan keindahan alam Lampung.
Kami senantiasa berupaya menjadikan Lampung sebagai tempat yang menyenangkan dan terbuka bagi siapapun. Keindahan alam
serta ragam budaya menjadi kekuatan destinasi Provinsi Lampung. Selain itu, berbagai kuliner juga menjadi daya tarik bagi wisatawan Lampung, sehingga Pemerintah Provinsi Lampung telah menetapkan Tag line The Treasure of Sumatera,”kata Didik.
Didik tidak lupa mengajak seluruh peserta Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama untuk berkunjung ke berbagai objek wisata yang ada di Provinsi Lampung.

“Bapak-ibu bisa mencoba berbagai kuliner yang ada di seputaran Kota Bandar Lampung, serta berbagai souvenir dan pernak – pernik khas Lampung juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah,”ujarnya.

Terkait dengan Raker Gubernur FKS MPU, Didik berharap tidak hanya dijadikan sebagai acara seremonial belaka, akan tetapi benar-benar menghasilkan suatu rumusan yang dapat dijadikan sebagai landasan guna menentukan arah pembangunan masing-masing Provinsi anggota MPU,” katanya.

Sementara itu, Kadis Kominfotik Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putra mengatakan kegiatan MPU tahun ini mengambil tema “Meningkatkan efektifitas dan efesieansi program kerjasama melalui konektifitas dan integrasi data provinsi anggota MPU.”

“Pada Raker FKS MPU 2018 ini ada juga pokok bahasan kerjasama di bidang pariwisata, ekonomi dan budaya yang perlu di kembangkan melalui forum ini,” kata mantan Pjs Walikota Metro itu.

Chrisna mengatakan, selain Gubernur dan petinggi 10 provinsi anggota MPU, hadir pula perwakilan tiga kementeri Kabinet Kerja.Yakni Kementeri Dalam Negeri, Kementeri Komunikasi dan Informatika, dan Kementerian Pariwisata.

“Topik pembahasan, yakni Kerja Sama Penyelesaian Masalah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Penyediaan Informasi Pangan dan Pengendalian Inflasi Daerah, dan Pembentukan MPU Tourism-Trade-Investment-Center Jakarta,” kata Chrisna.

LEAVE A REPLY