Beranda Kabar Pemprov Lampung Terus Galakkan Program Germas

Pemprov Lampung Terus Galakkan Program Germas

47
0
BERBAGI

BANDARLAMPUNG-Pemerintah Provinsi Lampung terus menggalakkan Gerakan Masyararakat Hidup Sehat (Germas) sebagai upaya menjaga keberlangsungan hidup dengan gaya hidup bersih, dan sehat guna meningkatkan produktifitas penduduk Provinsi Lampung.

Hal ini disampaikan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo pada acara Germas Tahun 2017 Lapangan Trans Tanjungan Kec. katibung Lampung Selatan, Minggu (09/04/2017).
Dalam sambutannya, M. Ridho Ficardo menjelaskan Germas merupakan suatu upaya dalam rangka meningkatkan aktivitas fisik, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, meningkatkan pencegahan dan deteksi dini penyakit, meningkatkan kualitas lingkungan, dan meningkatkan edukasi hidup sehat. “Germas akan memberikan kontribusi Sumber Daya Manusia yang sehat sehingga akan menjadi sumbangan yang berharga bagi terwujudnya Lampung maju dan sejahtera” katanya.
Ridho menyampaikan dengan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, Makan makanan 4 sehat 5 Sempurna, berfikir positif, dan hidup bersih serta pemeriksaan kesehatan secara rutin merupakan kunci utama untuk hidup sehat.

“Kesehatan yang baik merupakan hal penting bagi penerus bangsa. kita harus memberikan estafet kepada Generasi penerus dengan pendidikan yang baik, gizi yang cukup, pelayanan kesehatan yang lebih baik. Dengan demikian kemajuan Provinsi Lampung akan mampu dinikmati dan dilakukan sendiri oleh masyarakat Lampung” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) adalah menggugah kesadaran masyarakat dan pemangku kepentingan untuk melakukan gerakan hidup sehat, Menjadi momentum strategis sebagai tonggak awal dimulainya gerakan masyarakat hidup sehat, menggerakan masyarakat dalam berprilaku hidup sehat, menggerakan seluruh komponen bangsa untuk sehat, menggali/ mengenali sumber daya, potensi, dan kearifin lokal yang dimiliki masyarakat dalam mencapai hidup sehat, serta membangkitkan rasa tanggung jawab bersama bahwa hidup sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Reihana menambahkan dalam acara ini diadakan juga sunat massal, pengobatan massal, makan buah dan minum susu serta senam bersama.
Acara penyerahan bantuan secara simbolis secara langsung oleh Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo kepada Pemda Lampung Selatan berupa 40 sapi potong, Hijauan pakan ternak 1,3 juta stek, pupuk kandang 65 ton, pakan konsentrat sapi 60 ton dan pupuk kandang 65 ton. Selain itu terdapat bantuan berupa 4000 kelambu, PMT bumil KEK senilai 900 juta, pemberian 250 sembako, pemberian bantuan kepada guru Mengaji, Pengelola Jenazah, dan Veteran serta bantuan Khitanan.

Selain itu, dalam acara ini Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo juga melakukan makan buah dan minum susu bersama masyarakat Trans Tanjungan Kecamatan Katibung serta pemberian hadiah berupa sepeda motor kepada Zidan Arafat.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan memberikan bantuan kepada Kabupaten Lampung Selatan berupa cetakan sumur, closet dan sarana pembuangan air limbah. Selain itu, akan juga memberikan bantuan alat krayo terapi untuk pemeriksaan kanker serviks dan bantuan sebuah mesin untuk tes HIV serta memberikan bantuan larvasida, insektisida untuk pemberantasan nyamuk DBD dan malaria.

Acara dihadiri Anggota Forkorpimda Provinsi Lampung, Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis, Kadis Tanaman Pangan & Holtikultura Provibsi Lampung Edi Yanto, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Kusnardi, Kadis Kehutanan Syaiful Bachri, Kadis Perkebunan dan Peternakan Dessy Romas, Kadis Perdagangan Ferynia, Kadis Koperasi & UKM Satria Alam, Kasat Pol PP Jayadi, Kepala Bappeda Taufik Hidayat, Karo Perekonomian Lukmansyah, Kadis Kominfo dan Statistik Achmad Chrisna Putra, Anggota Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Fredi, Kepala SKPD Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan Anggota DPRD Provinsi Lampung.

LEAVE A REPLY