Beranda Kabar Komisi Informasi Lampung Gelar Sosialisasi Pemeringkatan Badan Publik

Komisi Informasi Lampung Gelar Sosialisasi Pemeringkatan Badan Publik

83
0
BERBAGI

BANDARLAMPUNG — Komisi Informasi (KI) Provinsi Lampung menggelar Sosialisasi Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2017, di Balai Keratun, Rabu (2/8)/2017.

Sosialisasi dihadiri perwakilan  125 badan publik dengan 5 kategori. Yaitu SKPD Pemprov, Pemda Kab/Kota, BUMN/BUMD, lembaga vertikal, dan perguruan tinggi.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM Harun Al Rasyid, itu juga dihadiri Kadis Kominfotik Achmad Chrisna Putra.

Dalam paparannya Ketua KI Lampung, Dery Hendryan, mengatakan puncak acara pemeringkatan (Anugerah KI) tahun ini akan berlangsung pada pertengahan Oktober 2017.

Dery Hendryian mengatakan pengelolaan dan pelayanan informasi badan publik harus dilakukan sesuai dengan Pasal 3 huruf g Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Menurutnya, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008, setiap badan publik wajib menyampaikan informasi publik yang dikuasaiinya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Informasi publik ini terbagi dalam 4 bagian, yaitu informasi berkala, informasi serta merta, informasi setiap saat dan informasi dikecualikan”, katanya

Dery mengatakan pihaknya  akan melakukan supervisi terhadap perkembangan keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan oleh badan publik. Hal itu dilakukan untuk mendorong keterbukaan akses informasi.

Menurut Dery, ada lima kategori badan publik yang akan dinilai, mulai dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Lampung, disusul dengan 15 Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN/BUMD, instansi vertikal pemerintahan dan universitas.

“KI akan meranking keterbukaan informasi 125 badan publik dan mempublikasikan hasilnya pada Oktober 2017. Mudah-mudahan ajang ini mampu menggugah keterbukaan informasi dan meningkatkan partisipasi publik dalam mengawasi pelayanan yang dilakukan oleh instansi negara,” katanya.

 

LEAVE A REPLY