Beranda Kabar Chrisna Putra Buka Musrenbang dan RKDP Kota Metro

Chrisna Putra Buka Musrenbang dan RKDP Kota Metro

8
0
BERBAGI

METRO– Pjs Gubernur Lampung diwakili Kadis Kominfotik Achmad Chrisna Putra membuka Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Metro tahun 2019,  di Wisma Haji Al-Khairiyah, Kamis 1 maret 2018.

Achmad Chrina Putra saat menyampaikan sambutan mewakili Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno mengatakan ada empat agenda pokok yang akan disampaikan pada Musrenbang RKPD Kota Metro tahun 2019.

Yakni pentingnya memelihara dan memperkokoh keselarasan kebijakan pembangunan antar jenjang Pemerintahan,   tantangan dan isu strategis pembangunan Provinsi Lampung, serta sinergi kebijakan pembangunan di Provinsi Lampung.

Sementara itu, dalam sambutan Walikota Metro A. Pairin mengatakan, bahwa Musrenbang ini merupakan tahapan akhir penyaringan aspirasi bagi perencanaan tahun 2019 di tingkat Kota Metro.

“Tahun 2018 adalah tahun keempat pelaksanaan RPJMD Kota Metro, dimana pada tahun 2019 merupakan titik percepatan untuk mewujudkan Visi dan Misi Kota Metro,” kata Pairin.

Pemerintah Kota Metro terbilang cukup berhasil. Hal itu dibuktikan dengan nilai IPM yang mengampu tiga sektor, yang masih menjadi nilai tertinggi di Provinsi Lampung.

Selain itu, nilai inflasi tahun 2017 menjadi angka terendah di Provinsi Lampung, dan Koefisien Gini Ratio Kota Metro tahun 2016 telah memasuki level ketimpangan rendah dan menurun jika dibandingkan tahun 2015.

“Besar harapan kepada Pemerintah Provinsi Lampung terhadap pembangunan di Kota Metro, untuk mendapatkan porsi yang memadai pada APBD Provinsi tahun 2019. Selain itu terkait permasalahan yang baru saja terjadi berupa banjir yang merata di Wilayah Kota Metro, kiranya Pemerintah Provinsi dapat membantu untuk memecahkan masalah ini,” kata Pairin.

Kemudian akan dilakukan penajaman terhadap isu strategis, tema, dan prioritas pembangunan tahun 2019, melalui pokok-pokok pikiran DPRD, prioritas pembangunan Provinsi Lampung tahun 2019, serta saran dan masukan dari stakeholder yang berasal dari Bappeda Lampung Tengah dan Lampung Timur sebagai Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kota Metro.

 

LEAVE A REPLY