Beranda Kabar KPID Provinsi Lampung Gelar Diskusi Netralitas Media Penyiaran Jelang Pilgub dan Pilbub...

KPID Provinsi Lampung Gelar Diskusi Netralitas Media Penyiaran Jelang Pilgub dan Pilbub 2018

6
0
BERBAGI

Bandarlampung–Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Lampung menggelar diskusi “Mewujudkan Pilkada Lampung Jujur dan Bersih Melalui Lembaga Penyiaran Yang Adil, Sehat dan Berkualitas,” di Kantor KPID Provinsi Lampung Jalan Bougenvile No. 8, Rawa Laut, Kota Bandar Lampung, Rabu 21 Maret 2018.

Salah satu regulasinya adalah tentang pembahasan mengenai pembatasan penyiaran kampanye oleh pihak media dan penekanan kalau media tidak diperbolehkan menjadi partisan pada salah satu calon.

Ketua KPID Tamrin S,Hut, mengantar diskusi menjelaskan KPID Lampung ingin media penyiaran bisa berlaku adil, sehat dan mengedepankan kualitas dalam penyiaran politik, khususnya pada Pilgub dan Pilbub 2018 mendatang.

“Media Penyiaran diharapkan menjadi wadah pendidikan politik yang mencerdaskan dengan mengedepankan kepentingan publik, “ katanya.

Ketua KPID Lampung menjelaskan aturan-aturan penggunaan media dalam kampanye. “Semua iklan kampanye pasangan calon nantinya difasilitasi KPU Lampung. Termasuk debat kandidat akan dilakukan secara resmi di media penyiaran oleh KPU Lampung,” katanya.

Menurut Kadis Kominfotik Ahmad Chrisna Putra mengatakan Lembaga/program siaran wajib menyediakan waktu yang cukup untuk peliputan Pemilu dan Pilkada.

“‘ Lembaga Penyiaran/Program siaran wajib berlaku adil dan proporsional dalam menyiarkan peserta Pilkada, “ katanya.
“Sinergi antara Bawaslu lampung dengan KPID saat ini mengacu kepada Keputusan Bersama antara Bawaslu, KPU dan KPI Nomor 0360/K.BAWASLU/JK.01.00/XI/2016, Nomor 10/KB/KPU/TAHUN 2016, Nomor 04/LPI/KPI/HK.03.02/11/2016 Tentang Pemantauan dan Pengawasan Pemberitaan Penyiaran dan iklan kampanye Pilgub dan Pilbub”, jelas Kadis Kominfotik Provinsi Lampung

“Media Tv tidak diperbolehkan fokus kepada iklan tayangan pasangan calon dan debat pasangan calon. KPU sudah menetapkan 3 debat calon pasangan Gubernur untuk tv nasional dan birokrat. Lembaga penyiaran yang di perbolehkan memasang iklan calon yang sudah memiliki izin, 2 tv lokal dan 1 tv nasional yg di tunjuk oleh KPU tentang penyiaran pilkada”.
Diskusi publik ini diikuti oleh media penyiaran televisi di Provinsi Lampung.

LEAVE A REPLY